Minggu, 20 Oktober 2013

Ikut Rabu Nge-Post, Yuk!



Tantangan itu disampaikan oleh Christina Anggreani a.k.a Titin pada Selasa (8/10) lalu. “Jadi gimana, mau ikutan?” kata dia. Aku berpikir sejenak. Ajakannya sih mungkin gampang bagi sebagian orang. Hanya mengupdate blog setiap Rabu (hingga kusebut Rabu NGepost). Apa susahnya?

Hmm, tapi aku tak langsung memberi jawaban. Sebab, meski aku hampir tiap hari menulis, itu kulakukan karena memang tuntutan pekerjaanku sebagai reporter. Aku memang suka dunia tulis menulis ini. 

Yang jadi masalah adalah tuntutan untuk selalu melakukannya secara rutin. Setiap Rabu harus ada tulisan baru di blog. Padahal aku termasuk mood-mood-an. Nulisnya hanya kalau lagi mood bagus. Apalagi, semangat yang dikumpulkan dengan susah payah setiap hari itu sudah dihabiskan untuk nulis artikel dan berita. 

Awalnya aku sempat menawar. “enggak harus tentang perjalanan kan?” “Boleh apa saja kan?” “Panjangnya suka-suka kan, bisa panjang bisa cuman satu paragraph, gak?” Semuanya lalu dijawab Titin dengan isi yang hampir sama, “BOleh”. Malah untuk sementara ini dia tak mempermasalahkan kalau tulisan di blog di pungut dari fb, atau pun tulisan dari kerjaan sehari-hari. Semua boleh!

Ya sudahlah, semua tawaranku, sebenarnya kuharap dijawabnya ‘TIDAK’ agar aku bisa ngeles dan bilang, “Waduh maaf Tin, aku enggak bisa ikut kalau nulis satu tema terus” atau “Maaf Tin, tulisanku di blog biasanya nyampah, apa saja masuk” atau “Maaf Tin, aku enggak bisa nih, soalnya kadang mood nulis suka enggak jelas”.

Tapi Titin tak bergeming. Hehe. Dia tetap mengajakku dengan bilang tantangan ini semata-mata supaya lebih rajin. Dia lalu menyebutkan salah satu temannya yang sudah lebih dulu ikut tantangan Rabu Ngepost (namanya Rivai). 

Intinya dia bilang, kami bertiga punya kesamaan, sama-sama suka nulis, ingin bisa menulis dengan baik, tapi malas menulis. Hehehe.. kontradiktif sekali ya. Makanya dengan tantangan ini, diharapkan masing-masing (calon penulis kece) ini, bisa termotivasi menulis, minimal satu setiap pekan. 

Haha. Aku menyerah. Ku iyakan saja. (Here I am, anggota baru yang menerima tantangan Rabu Ngepost). Dalam hati aku jadi deg-degan. Bisa enggak ya. 

Tapi tak ada lagi alasan menolak. Selama ini aku juga angin-anginan untuk menulis di blog. Hampir tak ada yang bertambah pada tahun ini. Padahal salah satu resolusi 2013 adalah lebih rajin dan rutin menulis. 

Nah mumpung si Titin ngoyo ngajakin, aku pun menyemangati diri sendiri. “Ayo, Pesta, kamu pasti bisa!” Ceilee.. padahal baru sehari setelahnya, semangat itu langsung luntur, blas! 

Pekan pertama aku gagal. Alih-alih meng-update tulisan pada hari Rabu, tulisan pertama sejak tantangan diterima baru bisa kutambahkan pada hari Kamis. Pekan kedua lebih parah. Tulisan baru masuk pada hari Minggu jelang Senin. 

Tantangan Rabu Ngepost, sekilas gampang. Tapi tidak bagiku. Ini melatih orang yang tak disiplin (sepertiku) menjadi lebih disiplin (yang mana hal itu tentu tak mudah, kawan).  

Untungnya si Titin (dan mungkin Rivai juga) tak mengucilkan aku. (Padahal sebelumnya dibilang siapa yang tak nge-post pada hari yang ditentukan, akan dihukum). Melihat mereka tetap rajin update tulisan baru, aku jadi termotivasi dong. (And I have to say thanks to them). 

Jadi, inilah, blog lama yang tak terurus ini akan kucoba perbaharui lagi. Konsepnya nanti masih tetap campur. Tapi akan ada beberapa kategori, seperti jalan-jalan, kuliner, resensi buku (dan ke depannya, film), yang sudah diterbitkan (biar sekalian mengarsip tulisan), kehidupan sehari-hari, dan dunia jurnalis. Semoga terkabul, ya. Hehe.

Eh, kalau ada teman-teman yang berniat ikutan tantangannya juga boleh kok. Yuk ah, biar komunitas (calon penulis) makin ramai. Hehehe.

Warung Buncit, 21 Oktober 2013.

6 komentar:

  1. Intinya dia bilang, kami bertiga punya kesamaan, sama-sama suka nulis, ingin bisa menulis dengan baik, tapi malas menulis. Hehehe.. kontradiktif sekali ya. Makanya dengan tantangan ini, diharapkan masing-masing (calon penulis kece) ini, bisa termotivasi menulis, minimal satu setiap pekan.

    hahaha ini sesuatu bangetttt.... hahahaha...... ayok kita saling motivasii hohohohoho......

    BalasHapus
  2. haha,, siyaappp,, mari kakaa. ingatin saya ya kalau "lupa". hehehehe

    BalasHapus
  3. *mampir aah :D
    ga terasa hari ini adalah hari rabu..saatnya ngepost (lagi)
    silakan di post tulisanya, walapun mau ngepost jam 23.59 juga gpp
    khan itu masih rabu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sekali lagi, pada pekan ketiga aku tetap saja gagal ngepost saat rabu, haha..
      eniwei, salam kenal ya..
      *jabat tangan

      Hapus
    2. btw, makasih telah sudi mampir.. hehe

      Hapus
    3. hahha...iyaa gpp
      dulu ak juga sering telat..sampe akhirnya dipaksa ma si titin :D

      iya salam kenal juga *jabat tangan
      ehm..rasanya akan sering mampir kok, khususnya hari rabu
      jangan lupa disedian kopi sama cemilan yaa :D

      Hapus