Selasa, 26 November 2013

Berakhir Pekan di Museum

Tadi pagi habis berenang (Cieee. maksudnya cebur-cebur main air. Hehe), akhirnya kesampaian juga rencana kami nonton teater "Tenggelamnya Kapal Tek Sing" oleh Teater Koma di Museum Nasional Indonesia.

Jumlah penontonnya banyak, rata-rata usia sekolah. Ada yg datang sendiri, ada yg rame-rame dari sekolahnya. Beberapa guru murid dan orangtua yg juga terlihat mendampingi. Kami duduk melantai di lantai 4 gedung baru museum itu.

Pementasan sepanjang 15-20 menit itu berlangsung interaktif. Anak-anak tertawa riang. Sesekali muka mereka serius sambil mencatat poin-poin penting di kertasnya.

Pentas teater itu kurasa menarik. Paling tidak ini cara alternatif untuk mengajar sejarah (dan dongeng) pada anak-anak agar tidak monoton. Selain itu anak-anak juga bisa mengenal seni teater sejak muda.

Nah, efek positif lainnya yakni bonding antara ibu-anak-guru bs lebih erat. Untuk jangka panjang, (mudah-mudahan) bisa menumbuhkan minat berkunjung ke museum. Bagus kan ya?

Kalau pementasan teater sudah selesai, anak-anak (dan orangtua, terutama ibu2) bs ikut workshop bikin aneka kerajinan tangan, seperti merajut, origami, bikin boneka mini (gak tau istilahnya), melukis mainan, banyak lagi. Pokoknya menarik. Satu kunjungan ke museum bs dapat ilmu banyaakk.

Ya, kurasa acara begitu lebih baiklah, daripada anak-anak itu diajak ke mall saja tiap akhir pekan. Semoga saja bs digelar rutin.

(Andai di kampung saya juga dulu ada yang beginian.. :D)

Warung Buncit, November 24, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar